TUTORIAL PISAH WARNA FILM SABLON DENGAN PHOTOSHOP

CARA MEMBUAT PISAH WARNA FILM SABLON
Dalam dunia printing, khususnya sablon, tentu kita mengenal istilah Film, yaitu berupa media/lembaran bergambar untuk dijadikan mal yang kemudian diafdruk (proses pemindahan dari film) ke kain kasa (screen printing). Dalam satu sablonan bisa terdapat beberapa warna, tergantung dari gambar yang diinginkan. Dan masing-masing warna dibuat dalam masing-masing film. Dalam pembuatan film, ada dua  cara proses memisahkan warna.
Cara pertama yaitu dengan proses Separasi atau memisahkan warna berdasarkan unsur pokok warna gambar tersebut (mode warna). Proses separasi yang umum dipakai adalah mode warna CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, dan Black). Dengan proses ini warna terbagi menjadi empat film yang masing-masing mewakili keempat warna tersebut. Dan jika media sablonan (t-shirt, misalnya) tidak berwarna putih maka perlu tambahan satu film untuk blok warna putih pada media. Film separasi ini biasanya ditempuh karena bentuk gambar berupa bitmap (misalnya foto), yang tidak mungkin warna gambar tersebut dapat dipisahkan satu per satu setiap warnanya. Dan bisa juga berupa gambar biasa, tapi yang dibutuhkan hanya empat warna  atau kombinasi keempat warna tersebut.
Cara yang kedua yaitu dengan proses pemisahan warna gambar secara manual. Setiap warna gambar tersebut dipisahkan dalam masing-masing film. Sehingga jumlah film tergantung dari jumlah warna gambar tersebut.
Berdasarkan jenis warnanya baik secara separasi maupun manual, pengambilan warna dapat berupa warna solid ataupun raster (dari gambar bergradasi) atau gabungan antara solid dan raster, tergantung model gambarnya. Teknik menyablon warna solid biasanya lebih mudah karena mengambil warna secara blok dan merata. Sedangkan menyablon warna raster harus lebih teliti karena harus melihat besar kecilnya ukuran raster yang dibuat. Semakin kecil ukuran raster maka harus semakin teliti menyaputkan tinta/cat sablonnya.
MEMBUAT FILM RASTER SECARA MANUAL    
Kebanyakan pembuatan film untuk proses separasi, langsung memesan ke perusahaan printing yang juga menerima pembuatan film. Namun kadang kita juga harus memikirkan ongkos film tesebut. Akhirnya kita harus mencari akal agar bisa membuat film sendiri tanpa harus mengeluarkan harga film atau minimalnya kita membuat film sendiri dengan ongkos lebih murah. Media film yang kita butuhkan tentu bukan film mika seperti umumnya, tapi dapat kita ganti dengan kertas hvs (dengan minyak) atau kalkir, karena bahan-bahan itu dapat kita print (cetak) dengan komputer. Sedangkan cara membuat film separasinya adalah sebagai berikut:
1. Buka Program Photosop
2. Klik Menu File > Open (Ctrl + O)> File yang akan dibuat film (contoh Windows)
3. Pastikan image dengan resolusi 300 dpi, jika belum gantilah resolusi image dengan cara:    
Klik Menu Image > Image Size (Alt+Shift+I) maka akan tampil kotak dialog Image Size:
 Pada Document Size gantilah kotak isian Resolution menjadi 300 pixel/inchi.
4. Pastikan image dengan mode warna CMYK, jika belum gantilah mode warna dengan cara :     Klik Menu Image > Mode > CMYK Color. Maka akan tampil kotak dialog sbb:
    Jawablah pertanyaan: Flatten image before mode change. Klik Flatten 5. Pilihlah channel warna Cyan sebagai contoh untuk membuat waster warna Cyan. Caranya: klik Panel Channel > Channel Cyan. Jika belum ada carilah dari Menu Window > Channel.
Maka image yang memiliki mode warna CMYK tersebut berubah menjadi warna abu-abu (menunjukkan sebagai warna Cyan). Lihat gambar di bawah:
6. Klik Menu Image > Mode > Bitmap, maka akan tampil kotak dialog dengan pertanyaan: Discard other channels? Klik OK
7. Isilah kotak dialog Bitmap:    a. Resolution : Input 300 pixel, output 300 pixel/inchi    b. Methode   : Halftone Screen...OK

8. Maka akan keluar kotak dialog Haftone Screen. Isilah kotak dialog Hafltone Screen:
a. Frequancy : 50 lines/inchi (tergantung kerapan raster, semakin besar ukuran semakin rapat/halus rasternya), b. Angle : 45 degrees (tergantung pilihan posisi kemiringan raster) c. Shape : Diamond (tergantung pilihan bentuk raster) Klik OK


9. Simpanlah file ini. Klik Menu File > Save As. Pilihlah format BMP, OK.
 
10. Maka jadilah satu film untuk warna Cyan. 
11. Untuk warna lain: Magenta, Yellow dan Black caranya sama dengan langkah no 5 sampai nomor 9.

1 komentar:

 
@Web Design By Print Sablon
Jl Rawa Simprug X No. 34. Grogol Selatan. Kebayoran Lama. Jakarta Selatan
Telp : 021 9475 4099 / 0856 977 33 161. Pin BB : 7D4DBB41

Jual Script Website