Sablon Plastik

Kebutuhan sablon:

  1. screen T180 20 x 30 cm Rp 24.000
  2. cat PHD red 3 200 gr Rp 17.500
  3. Photoxol 199 200 gr Rp 13.900
  4. rakel, 17 cm plus kayunya Rp 3.200/cm Rp 54.000








Secara ringkas, langkah membuat afdruk sablon manual :
  1. Mencuci bersih screen yang masih baru, untuk menghilangkan lapisan lemak. Awalnya, dituang cairan reducer M3, kemudian digosok pelan-pelan. Selanjutnya menggunakan air sabun colek, sambil digosok sambil dialiri air. Jika sudah benar-benar bersih, selanjutnya dikeringkan.
  2. Langkah berikutnya melapisi screen yang sudah bersih dan kering dengan menggunakan emulsi pembangkit. Cara membuat emulsi pembangkit dengan mengambil sedikit larutan dari botol photoxol (coating) dituangkan pada gelas atau bekal lem glukol juga bisa, selanjutnya ditetesi cairan sensitizer (dalam botol kecil berwarna pink) satu paket dengan photoxol. Campuran diaduk sampai merata hingga berwarna hijau kental.
  3. Selanjutnya tuang emulsi berwarna hijau tadi ke atas screen, dan diratakan dengan menggunakan penggaris, bisa juga coater. Pemolesan diratakan pada kedua sisi sampai benar-benar rata. Dibolak-balik sambil di poles. Pemolesan ini nggak boleh di bawah terik cahaya matahari.
  4. Jika dipastikan sudah rata dan semua pori-pori screen tertutup, langkah selanjutnya adalah meng afdruk. 
  5. Afdruk yang kami lakukan nggak menggunakan lampu, tapi menggunakan cahaya matahari secara langsung.
  6. Mempersiapkan afdruk screen dengan meletakkan gambar karkir di atas screen. Bagian bawah kotak screen diberikan lapisan busa, diatasnya screen, kemudian gambar karkir, lapisan teratas adalah kaca. Silahkan lihat gambar di atas.
  7. Jika sudah siap, bawa tumpukan tadi ke luar ruangan langsung terkena cahaya matahari. Jika matahari sangat terik, hanya membutuhkan 18 kali hitungan atau kurang lebih 17 detik. Sedangkan jika matahari terang dan panas, meng afdruk screen nya, dengan 20 hitungan.
  8. Lama penyinaran sangat penting, jika terlalu lama bisa menyebabkan pori-pori screen buntu dan sulit ditembus cat, sedangkan jika terlalu singkat, lapisan crom kurang matang. Efeknya larutan chrom bisa terlarut sewaktu pencucian.
  9. Selesai penyinaran, screen dicuci dengan menggunakan air biasa. Pertama, siram screen dengan menggunakan air dengan posisi screen miring. Selanjutnya, masukkan air ke dalam cekungan screen dan biarkan menetes sampai habis.Terakhir, semprot air dengan menggunakan sprayer dengan hembusan yang lembut.
  10. Mengeringkan screen dengan menggunakan hair dryer, atau bisa juga menggunakan kipas angin yang tentu saja lebih lama sekitar 30 menit.
  11. Jika screen sudah benar-benar kering, maka kita siap nyablon.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
@Web Design By Print Sablon
Jl Rawa Simprug X No. 34. Grogol Selatan. Kebayoran Lama. Jakarta Selatan
Telp : 021 9475 4099 / 0856 977 33 161. Pin BB : 7D4DBB41

Jual Script Website